ASSALAMU'ALAIKUM WR. WB

Software,.

Seru lho klo bisa materi ini,.. jadi baca baik - baik yaAa??


A. KLASIFIKASI PERANGKAT LUNAK


Perangkat lunak secara umum dapat di bagi 2 yaitu:

  1. Perangkat lunak system, dan

  2. Perangkat lunak aplikasi.


  1. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

  1. Bahasa pemrograman : Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, contoh bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.


  1. Sistem Operasi : Saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, contoh sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, IMB OS/2, Apple’s System.


  1. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), memeriksa disket yang rusak (bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), contoh Utilty adalah Norton Utility


  1. Perangkat lunak aplikasi merupakan bagian perangkat lunak yang sangat banyak di jumpai dan terus berkembang. Diantaranya adalah :


1. Sistem Operasi

Sistem operasi sangat berkaitan dengan prosesor yang di gunakan. Jenis prosesor pada PC yang umum adalah yang kompatibel dengan produk awal IBM dan Macintosh. PC Macintosh, perangkat lunaknya di kembangkan oleh perusahaan yang sama sehingga perkembangannya tidak sepesat cloning IBM PC.


2. Aplikasi Office

Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan pemroses table Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan. Selain dapat melakukan format pengetikan seperti penomoran, pengaturan spasi, margin (jarak pinggir kertas), jenis huruf (font), pemroses kata juga dapat melakukan proses pengecekan kata bahkan kalimat


3. Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. Di katakan Multimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara (gambar 3.9) dan film. Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.


4. Aplikasi Internet

Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client). Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah :


1. HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser.

2. E-mail (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang memiliki alamat e-mail, dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express

3. Messenger

Digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference), selain komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam)



B. PENGENALAN SISTEM OPERASI KOMPUTER


Sistem operasi komputer yang banyak dipakai adalah Microsoft Windows. Windows terdiri dari banyak versi, di antaranya Windows 95, Windows 98, Windows ME, Windows 2000, Windows XP dan Vista. Untuk mata kuliah Pengenalan Komputer, kita akan membahas tentang sistem operasi Windows 98 dan sedikit mengupas fasilitas pada Windows XP.


  1. Menjalankan Komputer

Untuk mulai menjalankan komputer, tekan tombol power pada CPU serta tombol power pada monitor. Proses awal start sebuah komputer dinamakan proses booting. Dalam proses ini, program dalam BIOS (Basic Input Output System) akan memeriksa seluruh hardware yang terhubung dengan motherboard apakah sudah siap untuk menjalankan tugas masing-masing atau ada yang mengalami kegagalan.

  1. Setting BIOS pada Komputer

Restart computer anda dan sebelum post pertama atau booting pertama tekan tombol sesuai dengan tabel manufaktur bios yang ada di komputer anda selanjutnya anda akan berada di bios . Untuk jelasnya lihat gambar dibawah ini seperti pada computer penulis menggunakan bios phoenix-AwardBios v6.00PG.

# Setting Boot

Sebelum memulai instalasi sistem operasi terlebih dahulu ubah boot devive priority dari HARDISK menjadi CD ROM

# Mulai masuk ke proses installer

Setelah setingan bios sudah yakin benar masukan cd intalasi windows yang anda miliki legalitas hak cipta. Setelah itu restart computer dengan menekan tombol CTRL+ALT+DELL tentunya cd intalasi yang memiliki licency dari Microsoft hal ini dilakukan sesuai atau restart dengan menekan tombol restart yang ada di cpu.Tunggu beberapa detik untuk booting pertama dari cd instalasi.

sewaktu perintah press any key to boot from cd .. muncul . Tekan salah satu tust yang ada di key board untuk memulai proses instalasi .

akhirnya selesai juga ni materi???hahaaa..









0 comments:

Post a Comment

About

.